Ini yang harus dipertimbangkan saat memilih anak sekolah

 

Ini yang harus dipertimbangkan saat memilih anak sekolah

Saat  si sulung menapaki usia yang tepat untuk masuk sekolah, bunda mungkin dihadapkan dengan berbagai macam pilihan sekolah. Mencari sekolah yang tepat saat pertama masuk sekolah haruslah banyak hal yang diperhatikan agar anak tidak malas untuk pergi ke sekolah pada tahun berikutnya. Selain itu pola pengajaran guru pada murid juga bunda bagian yang penting, karena selama berada di sekolah bunda “menitipkan” anak pada guru. Bunda mungkin mempunyai kriteria sendiri mengenai sekolah yang ideal dan disaat bunda tidak menemukan kriteria sekolah yang ideal, bunda bisa menemukan kriteria yang mendekati. Lalu apa saja yang bisa dijadikan pertimbangan saat memilih anak sekolah?

  • Lokasi sekolah

Pertimbangkan lokasi strategis, tidak berada dalam jalur macet, dan jarak antara rumah ke sekolah tidak terlalu jauh agar anak tidak capai di jalan.

  • Cari tahu mengenai reputasi sekolah

Perhatikan dengan baik bagaimana situasi sekolah, kurikulumnya, programnya, juga kualitas pendidik atau guru di sekolah tersebut. Juga carilah informasi mengenai cara berinteraksi pihak sekolah dengan para orangtua atau wali murid.

  • Biaya Sekolah

Bandingkan biaya sekolahnya dengan kurikulum, program dan sarana fasilitas yang diperoleh. Pilihlah sekolah dengan syarat penerimaan dan uang sekolah yang masuk akal dan tentunya sesuai budget bunda.

  • Sarana dan Fasilitas sekolah

Perhatikan fasilitas yang terdapat di sekolah misalnya ada sekolah yang menyediakan layanan mobil antar jemput, laboratorium, perpustakaan, kantin, kegiatan extra kurikuler yang bervariatis, dan fasilitas lainnya.

  • Metode dan program yang ditawarkan sekolah

Program dan beban pelajaran yang diberikan harus sesuai dengan karakter dan kemampuan anak. Sebaiknya pilih sekolah yang menekankan pada proses pembelajaran, bukan pada nilai atau hasil akhir. Jadi, anak tidak dituntut di luar kemampuannya, melainkan didorong untuk bisa dan bangga atas kemampuannya sehingga belajar menjadi proses yang menyenangkan buat sang anak.Durasi waktu sekolah

Demikian beberapa tips dan cara memilih sekolah yang bagus dan tepat untuk anak. Ingatlah, masa kanak-kanak adalah masa bermain. Jadi, hindari memaksakan pendidikan yang terlalu berat/serius agar anak tidak kehilangan masa bermainnya. Les tambahan untuk anak usia prasekolah seperti membaca, berhitung, piano, balet, dll. juga tidak perlu kecuali jika anak menginginkannya.

Efek Buruk Junk food pada anak

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya makan makanan yang sehar dan bergizi demi mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Tapi bagi anak-anak yang tidak mengerti konsekuensi kesehatan dari kebiasaan makan mereka, junk food akan terlihat seribu kali lipat lebih menggugah selera. Junk food pada umumnya rendah nutrisi, namun tinggi kalori yang kebanyakan dari gula tambahan, pati atau lemak. Dengan demikian dampak buruk junkfood bagi kesehatan sudah bisa diprediksi seperti berikut :

  • Obesitas
    Obesitas menjadi masalah yang sering dihadapi oleh orang yang sering mengonsumsi junk food. Junk food memiliki kandungan lemak, garam, dan gula yang berlebihan, yang akibatnya tubuh kesulitan untuk mencernanya.
  • Kelelahan dan kelemahan

Junk food tidak memiliki jumlah nutrisi penting yang diperlukan untuk pemeliharaan kesehatan serta fungsi dari semua sistem dalam tubuh secara keseluruhan seperti protein dan vitamin. Meskipun jenis makanan ini bisa membuat perut terasa kenyang dan puas, namun ia gagal dalam memberikan asupan energi instan. Sehingga  membuat tubuh terasa lemah dan lelah beberapa saat setelah mengonsumsinya.

  • Masalah pada gigi

Mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan gula seperti junk food, dapat menyebabkan bakteri yang berada di mulut menghasilkan asam yang dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi serta menghancurkan enamel gigi, yang merupakan faktor terjadinya gigi berlubang.

  • Kekurangan Gizi

Junk food bisa menyebabkan kekurangan gizi, jika anak-anak hanya makan itu dan tidak mau makanan sehat  yang mengandung nutrisi penting karena pada dasarnya junk food sangatlah minim gizi.

  • Kecanduan
    Dimana kandungan di dalamnya dapat mengubah aktivitas kimia otak, yang mengakibatkan tubuh menjadi sangat bergantung pada makanan junk food, karena sifat adiktif dari makanan junk food membuat tubuh akan terus membutuhkan makanan tersebut, walaupun kondisi perut tidak lapar.

2 Comments

Tinggalkan Balasan